Eksepsi Ditolak Majelis Hakim Perintahkan Perkara Suropadi Dilanjutkan

0
74
Suasana sidang dugaan tindak pidana korupsi dengan terdakwa Suropadi di Pengadilan Tipikor Surabaya yang dilakukan secara daring

SIDOARJO – Sidang lanjutan dugaan tindak pidana korupsi dengan terdakwa Camat Duduksampeyan Non Aktif, Suropadi telah mengagendakan putusan sela, Selasa (08/06/2021).

Pada amar putusan sela, Majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya yang diketuai Johanis Hehamony menolak nota keberatan atau eksepsi dari terdakwa maupun kuasa hukum terdakwa.

Menurutnya, dakwaan JPU dari Kejari Gresik telah memenuhi syarat formil dan materill dan memerintahkan agar JPU melanjutkan perkara ini untuk memeriksa ke pokok materi dengan memeriksa saksi-saksi.

“Menolak eksepsi dari kuasa hukum terdakwa, menyatakan bahwa dakwaan Jaksa telah memenuhi syatat formil dan materill sesuai dengan ketentuan dari KUHAP, ” tegas Johanis saat membacakan putusan sela.

Ditolaknya eksepsi ini, praktis perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran di Kecamatan Duduksampeyan dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan ke pokok materi.

Sidang yang dilakukan secara daring yang dihadiri kuasa hukum terdakwa, Fajar Yulianto dan JPU dari Pidsus Kejari Gresik, Indah dan Esti Harjanti Candrarini ditunda Minggu depan dengan agenda pemeriksaan saksi.

Terpisah kuasa hukum terdakwa, Fajar Yulianto mengatakan bahwa pihaknya menghormati putusan Majelis hakim. Akan tetapi pihaknya memohon agar permohonan pengalihan status penahanan kami agar segera dikabulkan.

“Harapan kami, Majelis hakim pempertimbangkan permohonan status pengalihan penahanan untuk segera dikabulkan,” tegas Fajar sapaan akrabnya.

Seperi diberitakan, Terdakwa Camat Duduk sampeyan Non aktif, Suropadi dijebloskan ke tahanan rutan Banjarsari atas dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran Kecamatan tahun 2017 – 2019. Tidak tanggung-tangung, akibat perbuatannya negara dirugikan Rp. 1 milyar lebih. (Him)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here