RSUD Bangil Terima Layanan PPDS Lagi

0
75
Dokter spesialis saat praktek di RSUD Bangil

PASURUAN – Sempat berhenti beberapa bulan lalu imbas pandemi Covid-19, akhirnya kebijakan baru diambil manajemen RSUD Bangil untuk membuka dan menerima kembali layanan program pendidikan dokter spesialis (PPDS) yang saat ini telah direncakan. Pasalnya, PPDS ini sangat menguntungkan kedua belah pihak yakni rumah sakit maupun dokter spesialis yang ikut program tersebut.

Kegiatan rutin yang berlangsung setiap tahun itu saat ini dihentikan sementara. Tujuannya, menghindari penyebaran Covid-19. ”Kami memang bekerja sama dengan Universitas Brawijaya untuk penyediaan PPDS. Dokter-dokter spesialis universitas setempat bisa magang di RSUD Bangil,” kata Humas RSUD Bangil M. Hayat.

Setiap tahun, ada setidaknya 10 hingga 15 dokter magang yang berpraktik di RSUD Bangil. Ini tidak lepas dari upaya RSUD Bangil untuk menambah dokter spesialis yang memberikan nilai tambah dalam pelayanan bagi pasien yang berobat di rumah sakit milik Pemkab Pasuruan tersebut.

Sejak 2020, kebijakan tersebut ”dibekukan”. Seiring dengan pandemi Covid-19. Sejak itu, RSUD Bangil tidak menerima dokter-dokter magang. ”Pihak universitas kan tidak mengizinkan anak didiknya bertugas,” jelas Hayat sapaan akrabnya.

Namun, kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan mulai menyusut. Itu menjadi evaluasi tersendiri. Menurut Hayat, program tersebut akan dibuka kembali. Mulai Juli 2021, dokter-dokter magang itu diperkenankan bertugas di RSUD Bangil.

”Kasus Covid-19 kan mulai melandai. Jadi ada kebijakan membuka PPDS tersebut,” imbuhnya.

PPDS ini sangat ditunggu oleh dokter-dokter spesialis baru setelah menyelesaikan study-nya. Pasalnya, program ini sangat menguntungkan dokter spesialis dalam mengasah kemampuannya dalam berpraktik.

“RSUD Bangil terbuka dalam layanan PPDS ini, semoga ke depan-nya lancar tidak ada hambatan seperti saat ini imbas pandemi Covid-19,” tegas Pria kalem ini. (rusdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here