Gandeng Dinkop & UMTK, BPJAMSOSTEK Kediri Gencar Edukasi Manfaat Program

0
44
Suharno Abidin Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri. (Ist)

KEDIRI – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kediri menggandeng Dinas Koperasi (Dinkop) & Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (UMTK) Kota Kediri dalam memberikan edukasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh Koperasi yang belum terdaftar menjadi peserta di Kota Kediri.

Kegiatan virtual ini di hadiri Drs. Bambang Priambodo, SH.MM Kepala Dinkop & UMTK Kota Kediri, Drs. Satria Sani Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinkop & UMTK Kota Kediri, Suharno Abidin Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri, serta 73 Koperasi yang terdiri dari KSP, KSU, KOPKAR, KOPWAN dan lain-lain.

Suharno Abidin menjelaskan, kegiatan ini merupakan sinergitas antara BPJAMSOSTEK Kediri dengan Dinkop dan UMTK Kota Kediri.
Diharapkan semua Koperasi di Kota Kediri dapat terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Karena program jaminan sosial ketenagakerjaan adalah hak dasar bagi setiap pekerja sebagai jaring pengaman saat terjadi risiko sosial ketenagakerjaan,” kata Suharno baru-baru ini.

BPJS Ketenagakerjaan, lanjut Suharno, merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program. Yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Lingkup perlindungannya mulai dari perjalanan berangkat kerja, segala aktivitas selama menjalankan pekerjaan, hingga perjalanan kembali ke rumah. Sehingga secara penuh, pekerja dilindungi BPJS Ketenagakerjaan.

“Manfaatnya pun sangat besar, mulai dari penggantian seluruh biaya sampai dinyatakan sembuh oleh dokter apabila terjadi risiko kecelakaan kerja (JKK), sampai santunan kematian jika terjadi risiko kematian (JKM),” ujar Suharno Abidin.

Selain itu, ditambahkannya, jika sudah tidak bekerja, peserta juga masih mendapatkan manfaat berupa tabungan hari tua dari program JHT, dan manfaat Jaminan Pensiun ketika memasuki usia pensiun yang telah ditetapkan Pemerintah.

“Kami dari BPJS Ketenagakerjaan sangat peduli dengan kesejahteraan dan jiwa masyarakat. Mari bergabung bersama BPJS Ketenagakerjaan, lindungi jiwamu, lindungi keluargamu dan sejahterakan masa tuamu bersama BPJS Ketenagakerjaan,” pungkas Suharno Abidin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here