Kades Krisik Pimpin Warganya Bantu Warga Isoman

0
292

 

Ponorogo – Bermula dari rasa tanggung jawab serta ingin memberi semangat pada warga desanya yang tengah melakukan isolasi mandiri (Isoman) agar tidak merasa dikucilkan, Kepala Desa (Kades) Krisik Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo, Erwan Santoso, membawa program bantuan sayur untuk warga Isoman hingga ke beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Ponorogo.

Tak tanggung-tanggung, dalam sekali pengiriman, sayuran yang dikirimkan bisa mencapai hingga ratusan kilogram. Dan bila diakumulasikan, hingga saat ini sudah lebih dari dua ton sayuran yang disalurkan.

“Jangan dilihat nilainya karena cuma paket sayuran yang terdiri dari wortel, labu siam, kentang, kubis dan sayuran lain yang banyak ditanam petani warga Desa Krisik,” ungkap pria dengan dua orang anak ini.

“Awalnya kita membantu warga Desa Krisik di awal Pandemi yang tengah melakukan Isoman. Selain menanggung biaya satu keluarga yang melakukan Isoman, kita juga menyuplai sayuran karena mereka tidak mungkin keluar untuk belanja, makanya kita suplai sayuran juga,” ungkap Erwan.

Program bantuan sayur untuk warga Isoman semakin berkembang ke luar wilayah Desa Krisik setelah Erwan berdiskusi dengan rekan-rekannya di PC GP Ansor Kabupaten Ponorogo.

“Dari hasil ngobrol dengan teman-teman di GP Ansor, akhirnya disepakati juga untuk membantu serta menyuplai sayuran kepada warga yang melakukan Isoman di luar Desa Krisik, bahkan diluar Kecamatan Pudak namun masih di wilayah Kabupaten Ponorog.” terangnya.

Gayung bersambut, warga desa dan beberapa orang yang mengetahui program bantuan sayur ini ikut berdonasi, beberapa diantaranya warga indonesia yang tinggal di luar negeri.

“Tapi saya tidak mau donasi dalam bentuk uang. Mereka yang berdonasi saya minta diwujudkan dalam bentuk sauran yang bisa dibeli pada warga di Desa Krisik ini, agar ada perputaran ekonomi bagi warga desa juga,” kata Erwan kepada wartawan media ini.

Hingga kini, beberapa wilayah desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ponorogo sudah mendapat suplai sayuran secara gratis, khusus bagi warganya yang melakukan isolasi mandiri, dari wilayah Desa Krisik Kecamatan Pudak yang dikenal sebagai salah pusat atau sentra sayuran di Kabupaten Ponorogo, bahkan di Jawa Timur .

Menariknya, Erwan sendirilah yang mengirimkan bantuan sayuran ke beberapa wilayah kecamatan yang membutuhkan sayuran untuk dibagikan kepada warga yang tengah melakukan Isoman. “Kadang ada yang meminta dikirim sayur untuk warganya yang isoman, kita kirim sesuai dengan permintaan mereka,” jelas Kades yang ramah pada wartawan ini mengakhiri pembicaraan. (bagus)

Caption: Kades Krisik Erwan Santoso (berdiri sebelah kiri) dibantu aparat desa memberikan bantuan langsung kepada warga di salah satu desa di Kabupaten Ponorogo yang sedang melakukan isolasi mandiri. (foto : ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here