Kopi Bundoranto Produk UMKM Masuk Gerai Indomart

0
60
Rr Henny Eka ( Amik ) bersama pegawai Indomart usai mengirim kopi

 

GRESIK- Ditengah persaingan usaha yang semakin sengit untuk bisa bertahan dan eksis, apalagi ditengah pandemi yang sudah hampir 2 tahun, mesti belajar lebih baik dan penuh kreasi, demikian disampaikan pemilik kopi Bundoranto, Rr Henny Eka Ferdian HP seusai mengirim kopi ke gerai PT Indomart yang ke 3 kalinya. Sabtu (7!8).

” Ketika produk UMKM di kemas dengan bagus, menarik, prosesnya hygenis, mengantongi serifikat halal dari MUI, dan tercatat di Disperindag, tinggal selangkah saja untuk pemasaran,” terang Amik sapaan akrab dari Henny.

Lebih lanjut dikatakan, kebanyakan pengusaha di tanah air tergolong UMKM pandai memproduksi, namun ketika dipasarkan secara konvensional, modal yang pas pasan, kurang menarik minat dari pembeli, dan surat surat yang tidak lengkap. sehingga kelangsungan usahanya juga terganggu.

” Pengusaha UMKM di Gresik sudah diakomodasi oleh Pemerintah Kabupaten pada akhir Maret kemarin, dengan mempermudah pengurusan berbagai dokumen bagi pengusaha UMKM, bahkan hingga pengurusan sertifikat halal oleh MUI,” jelas Amik.

Untuk mendapat sertifikat halal, itu di lihat mulai bahan baku yang dipergunakan, tidak boleh ada atau bercampur dengan bahan yang tidak halal, demikian juga proses produksinya.

Saai ini, ada 8 pengusaha UMKM Gresik yang sudah mulai mengisi dan produknya di pajang pada gerai Indomart, dengan masa pembayaran hari ke 15 setelah pengiriman.

” Tahap awal ini, produk kami di minta untuk mengisi 30 gerai saja, tenaga kami sudah mulai kuwalahan, padahal saat ini kami diminta mengisi 50 gerai, harapan kami kepada teman teman UMKM untuk belajar pemasaran untuk masuk pasar ritel, bahkan menjajaki untuk eksport,” pungkas Amik. ( ali )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here