Hari ke-6 PPKM Mikro Sektor Hulu, hendy masih blusukan Ke Perumahan

0
339
Bupati Jember saat blusukan ke perumahan di Jember.

JEMBER – Bupati Jember sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Ir. H. Hendy Siswanto mengecek penerapan PPKM Berbasis RT/RW di perumahan Graha Citra Mas, Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates, Senin (9/8/2021).

Dia menegaskan bahwa penanganan Covid-19 adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. “Saya optimis dengan PPKM Berbasis RT/RW ini akan membuahkan hasil lebih baik bagi Jember, dari level 3 saat ini akan turun ke level 2,” kata Ketua Satgas Covid-19 Jember, Hendy Siswanto.

Kedatangan Bupati ini merupakan hari ke 6 dalam rangka meninjau PPKM Makro Sektor Hulu di 3 Kecamatan penyumbang angka covid-19 tertinggi se Kabupaten Jember yaitu Kecamatan Kaliwates, Patrang dan Sumbersari. “Pencegahan di hulu ini dipimpin oleh camat dengan jajaran di bawahnya sampai RT / RW sampai keluar masuk kampung untuk mendatangi warga kita yang sedang isoman,” kata Bupati Hendy.

Bupati Jember bersama Forkopimda saat blusukan.

Hendy menjelaskan, petugas akan melakukan tracing dan swab di sekitar warga yang terpapar dan juga membagikan sembago selama masa isolasi mandiri. Hendy juga secara simbolis membagikan sembako dan memasang bendera di rumah warga yang sedang isoman.“PPKM Mikro berbasis hulu ini sepertinya akan kami teruskan lagi, karena berbasis RT/RW langsung di fokus persoalan karena langsung diawasi oleh pak RT dan RW,” jelas Hendy.

Hendy menambahkan selama 6 hari program ini masih fokus ke perumahan, karena memang warga yang terpapar lebih banyak dari yang ada di kampung-kampung. “Yang di kampung-kampung sedikit, tapi besok kita akan tetap ke kampung-kampung,” janji Hendy.“Tujuan pemasangan bendera merah ini adalah bagaimana nanti akan dilakukan pengawasan oleh puskesmas,” terang Hendy.

Selama masa isolasi tersebut akan dibantu oleh RT/RW Babinkamtibmas dan Babinsa tujuannya untuk melihat kondisi warga yang sedang isoman.
Menurut data yang disampaikan ketua RW 021 Kelurahan Tegal Besar, ada 24 warga dari 12 Kepala keluarga sedang mengalami isoman dengan rincian sembuh 6 orang, masih isolasi mandiri 18 orang. “Dari data tersebut rata-rata yang terpapar adalah usia muda, karena yang tertua 49 tahun, artinya imunnya bagus semua,” kata Hendy.

Hendy berpesan agar kita bisa menjaga diri kita masing-masing agar segera bebas dari covid ini. “Bapak dan ibu, kami berharap bahwa covid ini bisa selesai dan cepat tuntas kalau kita sama-sama bertanggung jawab,” lanjut Hendy. (Lilik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here