Inilah Penjelasan BPJAMSOSTEK Kediri ke Peserta Terkait Layanan Klaim Dimasa PPKM 

0
52
Secara daring, Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Kediri, Suharno Abidin memberikan edukasi sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 disetiap titik interaksi layanan. (Ist)

 

 

KEDIRI – BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) Kediri memberikan edukasi layanan klaim dan Informasi program BPJAMSOSTEK kepada BPR Artha Pamenang yang dihadiri 60 tenaga kerja.

Secara daring, Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Kediri, Suharno Abidin menyebutkan, edukasi ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 pada setiap titik interaksi layanan.  Dimana BPJAMSOSTEK Kediri menerapkan kebijakan layanan klaim sebagai langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

“Layanan klaim yang kami terapkan adalah Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak asik BPJAMSOSTEK),” ujar Suharno, Senin (9/8/2021).

Dijelaskan Suharno, ada 3 cara dalam mendapatkan layanan klaim di BPJAMSOSTEK. Pertama, untuk pengambilan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) dengan sebab mengundurkan diri, PHK dan mencapai usia pensiun, serta klaim sebagian 10 atau 30 % peserta akan dilayani melaui Lapak Asik Online dengan mengakses link : lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Setelah mendapat jadwal konfirmasi, peserta akan dihubungi oleh petugas BPJAMSOSTEK melalui video call. “Jadi peserta tidak perlu untuk datang antri ke kantor cabang,” kata Suharno.

Kedua, lanjutnya, pengambilan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP), peserta akan dilayani melaui Lapak Asik Onsite. Peserta hanya perlu menyiapkan dokumen klaim, scan barcode yang tersedia di kantor cabang dan mengisi data yang diperlukan. Setelah mendapatkan notifikasi peserta akan dilayani melalui video call.

Ketiga, untuk peserta yang mengalami PHK,  peserta juga dapat mengambil manfaat melalui kolektif klaim. Disini HRD Perusahaan akan diminta menyiapkan kelengkapan berkas dalam bentuk soft copy yang akan diserahkan kepada Account Representative (AR) pembina masing-masing perusahaan. Setelah AR pembina berkoordinasi dengan bidang pelayanan cabang, dokumen akan diverifikasi dan peserta akan di video call oleh petugas.

“Dimasa pandemi ini, kesehatan, keselamatan dan protokol kesehatan adalah hal yang utama. Harapan kami, Lapak Asik BPJAMSOSTEK dapat menekan dan melindungi peserta dari penularan Covid-19,” pungkas Suharno Abidin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here