Pembekalan Relawan Satgas COVID-19 PPKM Mikro Berbasis Hulu

0
346
Pembekalan relawan covid-19
Para relawan saat pembekalan.

JEMBER -Bupati Jember Ir. H Hendy Siswanto didampingi Forkompinda Kabupaten Jember Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, SIK, MH dan Dandim 0824 Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin membuka secara resmi acara Pembekalan Tenaga Pendamping, Satgas kelurahan dan RT/RW untuk kecamatan Kaliwates, Sumbersari dan Patrang di pendopo Wahyawibawagraha pada Senin (9/8/2021).

Selain dihadiri relawan secara luring di pendopo Pemkab Jember, acara juga dihadiri secara daring oleh jajaran camat, Lurah dan seluruh ketua RT/RW dari 3 kecamatan tersebut.
Bupati Hendy menjelaskan, bahwa acara ini merupakan kerjasama antar Pemerintah kabupaten Jember dengan Ikatan Alumni Universitas Airlangga Surabaya dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia.

dr. I Nyoman Semita, Sp.OT

Selain pembagian vitamin kepada pasien isoman, relawan ini juga akan memberikan edukasi berupa informasi terkait covid kaitannya dengan ekonomi dan juga memberikan motivasi dan semangat. “Sekalian kita juga mendapatkan informasi apa harapan mereka nanti, dan ini akan disampaikan kepada satgas covid,” terang Hendy.

Menurut Hendy, pasien setelah sembuh dari covid perlu diberikan treatment khusus, “Yang ada sekarang ini setelah sembuh dari isoman di rumah, ya sembuh begitu saja tidak ada pantauan sudah sembuh total atau belum,” kata Hendy.

Untuk itulah salah satu tugas satgas ini memberikan edukasi pasca sembuh dari covid. Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga Kabupaten Jember dr. I Nyoman Semita, Sp.OT. menyampaikan, “kali ini pihaknya membawa tenaga relawan sebanyak 22 orang dari alumni dan mahasiswa, telekonseling dari 15 dokter, dan 25 orang multiprofesi.

“Semuanya untuk mendarmabaktikan keilmuannya, apa yang telah didapat di kampus untuk penanganan Covid-19 di tiga kecamatan yakni Kecamatan Kaliwates, Sumbersari dan Patrang sesuai arahan pak Bupati dalam pencegahan di sektor hulu,” kata dr. I Nyoman dalam sambutannya, Senin (9/8/2021).

Mereka akan mendampingi pejabat pemerintah di tingkat bawah, selama 2 minggu ke depan dalam penerapan PPKM Berbasis RT/RW dengan fokus yang sakit Covid-19 segera sehat dan yang sehat tidak terpapar. dr. Nyoman juga menyampaikan bahwa para relawan kali ini sudah dibagi tugas pokoknya masing-masing. (Lilik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here