Puluhan Disabilitas Jalani Vaksinasi ‘Merdeka Semeru’ di Polresta Banyuwangi

0
47
Caption : AKBP Nasrun Pasaribu dan Ipuk Fiestiandani saat memantau pelaksanaan vaksinasi

BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi terus memperluas cakupan vaksinasi kepada masyarakat. Kali ini vaksinasi dilakukan terhadap penyandang disabilitas.

Melalui program vaksinasi ‘Merdeka Semeru’, puluhan penyandang disabilitas mendapatkan vaksinasi di Gedung Satpas SIM Prototipe Polresta Banyuwangi, Selasa (10/8/2021).

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu memantau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut, didampingi Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani yang juga tampak hadir.

Menurut Kapolresta, program ini diharapkan semakin memudahkan penyandang disabilitas dalam mengakses vaksin Covid-19.

“Kami menyadari teman-teman disabilitas ini punya keterbatasan, karena itu kami menginisiasi untuk memfasilitasi vaksinasi mereka,” kata Nasrun.

“Penyandang disabilitas juga butuh perhatian khusus agar bisa mendapatkan vaksinasi,” imbuhnya.

Para penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan prima dalam vaksinasi yang digelar Polresta Banyuwangi. Dengan kendaraan dinas milik Polresta Banyuwangi, petugas menjemput para penyandang disabilitas di titik kumpul wilayah Kecamatan Banyuwangi. Selanjutnya, dengan pengawalan polisi diantar hingga lokasi vaksinasi.

Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan bingkisan dari Polresta Banyuwangi berupa beras dan makanan pokok lainnya. Ini diharapkan dapat meringankan beban para penyandang disabilitas saat PPKM level 3-4 berlangsung hingga saat ini.

Salah seorang penyandang disabilitas, Samsuri, mengaku senang mendapatkan vaksin gratis di Polresta Banyuwangi. Warga Kecamatan Banyuwangi itu sudah lama berharap mendapat vaksin.

“Kegiatan ini sangat membantu kami,” ujarnya.

Sementara, Bupati Ipuk menyampaikan, Banyuwangi akan terus menggelar vaksinasi COVID-19 dengan menyasar berbagai kelompok masyarakat. Salah satunya adalah penyandang disabilitas.

“Terima kasih dukungan teman-teman Polresta Banyuwangi, ini Insya Allah akan semakin mempercepat kinerja vaksinasi di Banyuwangi,” ungkap Ipuk.

Ia menjelaskan, per 8 Agustus, sudah ada 466.888 warga Banyuwangi yang telah menerima vaksin covid-19 dosis satu, dan terus berlanjut termasuk untuk dosis kedua. Angka tersebut setara 35 persen dari sasaran vaksinasi yang ada di Banyuwangi. Untuk tingkat kabupaten, capaian persentase vaksinasi Banyuwangi merupakan yang tertinggi kedua di Jawa Timur.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here