SPMB Minta Aktifis M. Yunus Dibebaskan Tanpa Syarat

0
75
Caption : Para anggota SPMB usai audiensi bersama Kejari dan PN Banyuwangi

 

 

BANYUWANGI – Dukungan terhadap aktifis M. Yunus Wahyudi (ketua KPJ Laskar Putih) yang terjerat perkara hukum terus bergulir.

Kali ini dukungan datang dari sejumlah elemen masyarakat sipil, para aktifis, mahasiswa, akademisi, ormas, jaringan dan individu ProDemokrasi yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Masyarakat Banyuwangi (SPMB).

Dukungan tersebut disampaikan dalam audiensi bersama Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Banyuwangi, Kamis (12/08/2021).

Koordinator SPMB, Danu Budiyono menyampaikan, tuntutan jaksa 4 tahun penjara terhadap terdakwa M. Yunus yang diduga melakukan tindak pidana pelanggaran Undang Undang tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Penyebaran Hoax dinilai mengada-ada atau dipaksakan.

“Kami selaku masyarakat Banyuwangi merasa dipermainkan oleh hukum kekuasaan, dimana perkara saudara M. Yunus seharusnya tidak diskriminatif. Ini upaya pembungkaman kebebasan berpendapat aktifis,” kata Danu.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan audiensi ini dengan harapan agar Aparat Penegak Hukum (APH) membebaskan M. Yunus tanpa syarat.

“Kami meminta kepada majelis hakim yang menangani perkara M. Yunus untuk tidak menjadi bagian dari lingkaran intervensi kekuasaan dan politik, serta memutus perkara tersebut dengan seadil-adilnya berdasarkan fakta persidangan dan pertimbangan hati nurani,” tegas Danu.

“Kami juga mengecam upaya upaya oleh siapapun (baik aparat penegak hukum maupun pejabat eksekutif yang ingin memberangus ruang ruang demokrasi di Banyuwangi dan dimanapun juga,” sambungnya.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here