Dana BSU Cair, Ini Cara Mengetahui Informasi BSU Peserta BPJAMSOSTEK

0
247

 

SURABAYA – Pemerintah sudah mulai melakukan pencairan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang pada pekan lalu sudah diserahkan datanya oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Sebanyak 1 juta data pekerja tahap 1 yang disampaikan BPJAMSOSTEK kepada Kemnaker sudah mulai menerima dana BSU yang ditransfer langsung melalui rekening pribadi masing-masing pekerja.

Seperti diketahui, dana BSU tahun ini akan diberikan kepada 8 juta lebih pekerja yang terdampak, sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.16/2021. Bahwa pekerja calon penerima dana BSU adalah WNI, memiliki gaji di bawah Rp 3,5 juta, berada di wilayah PPKM Level 3 dan 4, serta bukan penerima bantuan sosial lainnya dari Pemerintah seperti Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan, dan Bantuan Produktif Usaha Mikro.

Untuk mempermudah peserta mengetahui apakah dirinya berhak atas dana BSU, BPJAMSOSTEK menyediakan kanal-kanal informasi bagi peserta untuk mengakses informasi terkait eligibilitas mereka dalam memperoleh dana BSU. Yaitu melalui website resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id, atau jika sudah memiliki akun aplikasi BPJSTKU bisa melakukan akses melalui situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id pada menu Bantuan Subsidi Upah, atau bisa juga melalui microsite bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Kanal lainnya yang dapat diakses peserta adalah melalui layanan Whatsapp di no. 081380070175, atau melalui Layanan Masyarakat di no. telepon 175, halaman media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan pada Facebook dan Twitter melalui menu Direct Message (DM).

Peserta dihimbau tidak memberikan data diri pribadi dan posting pada halaman komen yang tentu saja dapat terlihat oleh publik secara langsung. Pihak BPJAMSOSTEK akan menjawab pertanyaan terkait informasi BSU ini hanya melalui DM atau pesan pribadi di media sosial.

Kanal terakhir yang disediakan BPJAMSOSTEK adalah Kantor Cabang BPJAMSOSTEK terdekat dengan membawa serta identitas diri (KTP) dan Kartu Peserta BPJAMSOSTEK.

Untuk tetap menjaga kepatuhan atas himbauan pemerintah terkait PPKM, para peserta dihimbau mengutamakan kanal-kanal non fisik untuk mendapatkan informasi terkait apapun, khususnya BSU ini.

Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK Roswita Nilakurnia menegaskan, pihaknya telah memaksimalkan upaya untuk menyediakan berbagai kanal non fisik, agar para peserta dapat lebih mudah memperoleh informasi.

“Kami harap peserta dapat mengoptimalkan layanan atau kanal non fisik untuk memperoleh informasi, dan kami juga berkomitmen untuk melayani seluruh peserta yang mengakses kanal layanan dengan sebaik-baiknya. Kami harap para peserta dapat memaklumi dan mematuhi PPKM yang berlaku,” tutup Roswita belum lama ini.

Terpisah, Guguk Heru Triyoko, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo merespon kehadiran kanal layanan BPJAMSOSTEK ini. Guguk akan memaksimalkan pelayanan kepada peserta yang membutuhkan informasi, baik fisik maupun non fisik.

“Tetap memaksimalkan dan memberikan layanan terbaik kami kepada peserta yang membutuhkan informasi terlebih saat ini kanal layanan sudah mudah diakses, sehingga kami berharap para peserta dapat memanfaatkannya dengan maksimal,” tutup Guguk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here