415 Mahasiswa Baru IAIDA Blokagung Ikuti Orientasi Pendidikan Kampus

0
85
Gus Munib saat sambutan didepan peserta ORDIK IAIDA 2021

BANYUWANGI – Mengawali tahun ajaran baru, Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung, Kecamatan Tegalsari melaksanakan kegiatan ORDIK (Orientasi Pendidikan Kampus) 2021.

ORDIK merupakan sebuah kegiatan proses pengenalan untuk memberikan gambaran tentang segala hal yang berkaitan dengan perguruan tinggi yang akan menjadi tempat studi para mahasiswa dijenjang lanjutan.

Pelaksanaan ORDIK 2021 ini, diikuti 415 peserta dari 430 pendaftar mahasiswa baru IAIDA, dan dilaksanakan secara Luring dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Dari jumlah 415 peserta tersebut, terbagi menjadi 3 fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI).

Acara ORDIK ini dibuka langsung Rektor IAIDA Blokagung, Ahmad Munib Syafa’at, dihadiri seluruh panitia ORDIK, Wakil Rektor, Dekan, dan seluruh Ka Prodi, Minggu (29/08/2021).

Rektor IAIDA Blokagung, Ahmad Munib Syafa’at dalam sambutannya memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta.

“Hari ini kalian harus tetap berproses belajar, merujuk pada perkataan Ibnul Mubarrok, seseorang bisa dikatakan alim jika selama hidupnya dia masih merasa dirinya dalam proses belajar,” ucap Gus Munib (sapaan akrab Ahmad Munib Syafa’at).

“Ketika dia mengatakan, saya adalah orang yang alim karena telah melaksanakan atau menuntaskan jenjang pendidikian tertentu, maka seketika itu pula dia adalah orang yang sangat bodoh. Karena itu seseorang tidak boleh pernah berhenti belajar,” sambungnya.

Sementara, Ketua Panitia ORDIK IAIDA Blokagung 2021, Much. Hasyim menyampaikan, tema ORDIK tahun ini adalah ‘Mahasiswa Berintegritas Kampus Berkualitas’, tujuannya mendesain mahasiswa mengenai pola pikir dan intregitas.

Dimana, mahasiswa harus mempunyai pola pikir kesadaran sosial yang terjadi didalam dirinya sendiri, dan sosio-kultural dalam dunia kenyataan, bahwa dirinya sekarang bukan merupakan siswa/pelajar lagi, melainkan mahasiswa yang mempunyai tanggung jawab tinggi dalam mengembangkan pemikiranya, terutama dalam proses pembelajaran.

Menurutnya, kegiatan ini akan banyak mengenalkan seluruh kehidupan kampus, mengenalkan tugas, tanggung jawab, serta peran mahasiswa.

“Tujuannya, untuk membentuk pola pikir yang sistematis dan terarah, agar nantinya para mahasiswa dapat meningkatkan kualitas diri sebagai bekal menjalankan tri dharma perguruan tinggi,” kata Much. Hasyim.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 29 – 31 Agustus 2021. Sebagai representasi perguruan tinggi berbasis pesantren, di kegiatan ORDIK ini, antara mahasiswa dan mahasiswi dipisahkan.

Kegiatan yang digelar dihalaman IAIDA Blokagung ini, juga ditandai dengan pemasangan koker peserta secara sombolis oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Eko Budiywono kepada mahasiswa dan mahasiswi.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here