Lomba Rijig-Rijig Lingkungan Sukses Hipnotis Wilayah Kelurahan Kebelanen Jadi Bersih dan Asri

0
192
Muhammad Lutfi, Suharto, Angger Setiyono bersama para pemenang lomba

BANYUWANGI – Lomba Rijig-Rijig Lingkungan yang digelar Pemerintah Kelurahan Kebalenan tampaknya sukses menghipnotis warga untuk berpacu membersihkan lingkungannya.

Terbukti, disaat tim juri melakukan penilaian lomba tersebut, seluruh lingkungan di wilayah Kelurahan Kebalenan terpantau bersih dan asri.

Sebagai bentuk apresiasi, hasil penilaian lomba tersebut diumumkan pada malam penganugerahan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di Balai Kelurahan Kebalenan, Sabtu (29/08/2021).

Seluruh panitia dan para pemenang lomba

Hasilnya, untuk kategori Non Perumahan, juara pertama diraih RT.04 RW.02 Lingkungan Krajan, juara kedua RT.03 RW.02 Lingkungan Krajan, dan juara ketiga RT.05 RW.02 Lingkungan Krajan.

Sedangkan di kategori Perumahan, RT.03 RW.04 Perumahan Puri Brawijaya terpilih sebagai juara pertama, RT.05 RW.04 Perumahan Puri Brawijaya sebagai juara kedua, dan RT.02 RW.02 Perumahan Cevilla Indah sebagai juara ketiga.

Selain kedua ketagori tersebut, panitia juga mengumumkan pemenang juara harapan (RT berpotensi), diantaranya juara harapan  pertama diberikan kepada RT.03 RW.01 Lingkungan Krajan, juara harapan kedua RT.01 RW.02 Lingkungan Krajan, dan juara harapan Ketiga RT.04 RW.01 Lingkungan Krajan.

Camat Banyuwangi, Muhammad Lutfi yang berkesempatan hadir di acara tersebut mengapresiasi kegiatan rijig-rijig lingkungan ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan satu-satunya lomba yang digelar dari 18 Kelurahan di Kecamatan Banyuwangi.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” tutur Lutfi.

Tak lupa, ia pun menekankan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat, dan melakukan pembatasan kegiatan masyarakat.

Sementara Plt. Lurah Kebalenan, Suharto berharap, giat membersihkan lingkungan di RT/RW, tidak hanya karena ada lomba rijig-rijig lingkungan saja.

“Saya harap giat untuk bergotong royong membangun lingkungannya, tetap berkelanjutan dalam pelaksanaannya,” ungkap Suharto.

Ketua Panitia Lomba Rijig-Rijig Lingkungan Kelurahan Kebalenan, Angger Setiyono menyampaikan, kegiatan lomba ini awalnya diinisiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan Forum Kelembagaan Kelurahan Kebalenan.

Dikatakannya, dengan bertemakan ‘Kampung Bersinar Dimasa Pandemi’, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengejawantahan dari kegiatan kelembagaan, kerjasama tim dan panitia menjadikan kegiatan ini sukses.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan,” kata Angger.

Selain Camat Banyuwangi, acara ini juga dihadiri Kepala SDN Kebalenan, tokoh masyarakat, unsur kelurahan, dan perwakilan RT/RW.

Juga penganugerahan kepada Onggeng Suharto sebagai tokoh penggiat kelembagaan dan keswadayaan masyarakat.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here