Menko PMK Muhajir Effendy Ajak Maba Umsida Semangat Jadi Generasi Emas Kebanggaan Umat

0
23
Menko PMK Prof Dr Muhajir Effendi di Maba Umsida.

SIDOARJO – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Dr Muhadjir Effendy M A mengajak pada mahasiswa baru Umsida semang menjadi generasi emas kebanggaan umat.

Penegasan itu disampaikan pada acara Forum Ta’aruf Mahasiswa Baru (FORTAMA) 2021/2022 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dengan mengusung tema Transformasi Mahasiswa Berkemajuan Menuju Generasi Emas 2045, pada Kamis (23/9).

Menurut Muhajir persiapan menuju usia emas indonesia. Artinya para mahasiswa baru Umsida adalah termasuk sumber daya manusia Indonesia generasi produktif yang sedang berada di puncaknya, ”bahkan saya bisa mengatakan masa depan di tahun 2045 sangat tergantung pada kalian semua,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk menjadi generasi emas yang paling penting adalah perubahan jati diri. “Sekarang ini yang penting adalah perubahan diri kalian yang mana jati diri antara anak sekolahan menjadi mahasiswa harus dirubah, dan ada yang harus kalian kuasai adalah pertama pengetahuan semakin luas, kedua berubah sikap sebagai mahasiswa dan menjadi civitas akademika yang baik terutama di Umsida,” imbuh pria kelahiran Madiun itu.

Pria 65 tahun ini menjelaskan jika mahasiswa baru harus selalu aktif dalam perkuliahan. “Pada konteks ini saya ingatkan kepada mahasiswa baru Umsida untuk memanfaatkan semaksimal mungkin dari segi pengetahuan, pengalaman yang cukup dari Umsida, apalagi sekarang ini kita berada proses menuju era industri 4.0, bidang-bidang pekerjaan yang hilang dan disusul bidang pekerjaan baru yang lain, untuk itu kalian harus siap keterampilan dengan pengalaman,” jelasnya.

Ia menghimbau mahasiwa baru Umsida harus terampil dalam segala bidang. “Yang terakhir keterampilan yang harus diterapkan baik mahasiswa maupun perguruan tinggi adalah yang biasa saya sebut 5c yaitu pertama berfikir kritis para mahasiswa, kedua harus memiliki kreatif dan inovatif bagi mahasiswa nantinya, ketiga adalah keterampilan berkomunikasi, keempat adalah kolaborasi kerjasama, dan yang terakhir kelima adalah percaya diri,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here