Mulai Hari Ini, Masuk Mapolresta Banyuwangi Wajib Scan Barcode Aplikasi PeduliLindungi

0
69
Caption : AKBP Nasrun Pasaribu saat melaunching scan barcode aplikasi Peduli Lindungi

BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi mulai memberlakukan scan barcode aplikasi Peduli Lindungi bagi anggota dan pengunjung yang keluar masuk di Mapolresta Banyuwangi.

Pemberlakuan scan barcode bagi siapa saja yang berkunjung ke Polresta Banyuwangi ini,
resmi dilaksanakan mulai hari ini, Senin (04/10/2021).

Hal itu dimaksudkan untuk lebih menekan angka penularan Covid-19 di Lingkungan Polresta Banyuwangi dan pada umumnya di Kabupaten Banyuwangi.

Kebiasaan baru tersebut sengaja diluncurkan oleh Polresta Banyuwangi sebagai contoh positif bagi instansi lain maupun tempat-tempat umum yang dikunjungi masyarakat.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu menyampaikan, pemberlakuan scan barcode ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, di masa pandemi ini Polresta Banyuwangi menjamin wilayah kerjanya dapat menekan pertambahan angka penularan Covid-19.

“Mulai hari ini pelayanan Polresta Banyuwangi kami tingkatkan, yaitu pemberlakuan scan barcode, dengan maksud memberikan keyakinan kepada masyarakat kalau di tempat kerja kami dapat mengendalikan penularan Covid-19,” Nasrun.

Menurutnya, scan barcode ini berlaku bagi seluruh anggota Polresta Banyuwangi yang masuk dan keluar kantor. Untuk masyarakat yang berkunjung ke Polres juga wajib memiliki aplikasi Peduli Lindungi ini.

“Kami masih memberikan toleransi bagi masyarakat yang kebetulan datang namun belum memiliki aplikasi ini pada HPnya, sekaligus nanti juga akan kami berikan sosialisasi dan langsung bisa mengakses aplikasi Peduli Lindungi,” jelasnya.

“Kami juga sediakan fasilitas jaringan internet gratis, sehingga dapat memudahkan para pengunjung untuk mengunduh aplikasi tersebut,” imbuh Kapolresta.

Pemberlakuan aplikasi Peduli Lindungi di Polresta Banyuwangi ini, adalah langkah awal di Kabupaten Banyuwangi yang selaras dengan anjuran Pemerintah demi menekan angka penularan covid-19.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin, Nasrun menghimbau agar segera mendatangi gerai-gerai pelayanan vaksinasi untuk mendapat vaksin, dan setelah divaksin disarankan segera mengunduh aplikasi Peduli Lindungi.

“Kami tidak henti-hentinya menghimbau dan mengajak masyarakat agar segera melaksanakan vaksin. Jangan ragu dan segan untuk mendatangi Gerai Vaksinasi Merdeka yang kami gelar bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten, karena nantinya kita akan dibiasakan dengan kebiasaan baru selain disiplin Prokes,” ungkapnya..

Kapolresta juga berharap, seluruh masyarakat mendukung pemberlakuan cek barcode tersebut, dengan mulai mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi di HP masing-masing.

“Caranya mudah, tinggal mengunduh aplikasi di playstore, kemudian login atau mendaftar dengan memasukkan nama dan nomor NIK serta mengikuti setiap petunjuk pada aplikasi tersebut,” terang Nasrun.

Ia manambahkan, aplikasi Peduli Lindungi ini manfaatnya banyak, diantaranya tidak akan ragu jika masuk di tempat-tempat umum yang sudah memberlakukan aturan ini.

“Kita juga dapat mengetahui status kita tentang vaksinasi, kapan kita harus vaksin lagi dan kita juga dapat mengetahui tipe zona suatu wilayah jika kita bepergian, sehingga kita lebih waspada dan disiplin menerapkan prokes. Selain itu, banyak sekali informasi penting tentang Covid-19 yang dapat kita akses pada aplikasi Peduli Lindungi ini,” pungkas Kapolresta.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here