Mengejar Target 50 Persen, Vaksinasi Merambah Desa-desa di Jember

0
329
vaksinasi di Jelbuk
Pelaksaan vaksin di Desa Suco Pangipok, Kecamatan jelbuk.

JEMBER — Peran dan keterlibatan Pemerintah Desa sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi. Seperti yang digelar di balai Desa Suco Pangipok, Kecamatan Jelbuk, Kamis (14/10/2021).

Kegiatan Vaksinasi Dosis pertama AstraZeneca mulai pukul 08:00 wib sampai selesai, dan disambut antusias warga desa setempat.

Dari itu, desa berkoordinasi dengan tenaga kesehatan, TNI, Polri dan jajaran pemerintah desa. Kepala Desa, Rahman, juga menyampaikan, pertama melaksanakan vaksinasi bertempat di balai Desa, dan kedua di SMP setempat.

“Sedangkan hari ini vaksinasi ketiga bertempat di balai Desa, Masyatakat sudah mulai sadar, akan pentingnya vaksinasi menyarankan lebih baik vaksin hasilnya jadi enak,” Ucapnya.

Sehingga hari ini sekitar 100 orang yang hadir dalam melaksanakan vaksinasi mulai tadi pagi.

“Untuk itu Desa Suco pangipok yang sudah sudah melaksanakan vaksin hampir 40 persen. Sehingga kami dari pemerintah desa akan selalu siap mendukung program vaksinasi kepada masyarakat, guna mencegah penyebaran Covid-19,” Terangnya.

Sesuai Perintah Bupati Jember H Hendy Siswanto untuk percepatan program nasional vaksinasi Covid 19 harus mencapai minimal 50 persen dari jumlah penduduk bulan Desember 2021, Desa Plalangan kecamatan Kalisat juga melaksanakan 500 dosis vaksinasi,bertempat di Pendopo Desa Plalangan, setelah divaksin masyarakat langsung menerima kartu tahap 1 (satu) Selasa (5/10/3021).

Awal pelaksanaan dengan kuota 300 dosis vaksinasi, melihat antusias dan kesadaran masyarakat lebih besar terus berdatangan, pihak dari Puskesmas menambah kuota 200 dosis vaksinasi, jadi total sebanyak kuota 500 dosis vaksinasi, antusiasnya masyarakat sampai kehabisan vaksin.

Sofyan ZM selaku Kepala Desa menjelaskan mari kita sukseskan program nasional vaksinasi Covid 19, sesuai himbauan bupati Jember ini harus mencapai 50 persen dan kesadaran serta antusias warga sangat tinggi,sampai kehabisan, Kususnya warga desa Plalangan terkait kesadaran untuk kesehatan memang sangat tinggi.

Program ini memang di tunggu-tunggu oleh masyarakat, jadi isu-isu masyarakat menolak vaksin itu tidak benar, buktinya di masyarakat saya sendiri sangat tinggi tingkat kesadaran betapa pentingnya vaksin itu, jelasnya.

Masih menurut Sofyan, Harapan saya kedepan semoga setok vaksin yang ada di kabupaten Jember ini bisa memenuhi harapan masyarakat yang belum kebagian vaksin.(lilik s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here