DPRD Banyuwangi Minta Seluruh Ruang Publik Ramah Difabel pada 2022

0
47
2022 Ruang terbuka publik di Banyuwangi ramah difabel.
I Made Cahyana Negara bersama perwakilan difabel Banyuwangi

BANYUWANGI – DPRD Kabupaten Banyuwangi meminta kepada eksekutif untuk segera menyediakan akses atau fasilitas bagi penyandang disabilitas. Diharapkan pada tahun 2022 ruang publik sudah ramah difabel.

Hal itu dikarenakan saat ini masih banyak fasilitas publik yang belum ramah terhadap para penyandang disabilitas, salah satunya gedung DPRD Banyuwangi.

Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara menegaskan, akses atau fasilitas bagi penyandang difabel tersebut harus tersedia di seluruh kantor pelayanan publik dari tingkat desa hingga kabupaten.

“Masih ada ruang publik di Banyuwangi belum ramah difabel, termasuk di gedung DPRD ini, sehingga kami minta sekwan untuk segera menyediakan akses bagi difabel tersebut,” ucap Made, Selasa (19/10/2021)

Guna mewujudkan Banyuwangi sebagai kabupaten inklusif, dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2022, setiap komisi diminta untuk mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mitra kerja agar menyediakan alokasi anggaran fasilitas bagi penyandang disabilitas.

“Dalam rapat kerja, Komisi-Komisi kita minta untuk mengingatkan SKPD agar mengalokasikan alokasi penyediaan fasilitas difabel agar Banyuwangi benar-benar menjadi kabupaten yang inklusif,”beber Ketua DPC PDI-Perjuangan Banyuwangi ini.

Ia menambahkan, para penyandang disabilitas membutuhkan dari berbagai pihak, bukan karena kondisi fisik. Sehingga, tahun 2022 pemerintah daerah wajib memberdayakan mereka di seluruh sektor kehidupan.

“Hingga kini orang-orang difabel sering dilihat sebelah mata karena kekurangan yang tersedia, sehingga tidak banyak kesempatan kerja yang dibuka untuk karyawan difabel , “ tandasnya.

Made berharap tahun 2022, Pemerintah daerah mengalokasikan anggaran maksimal untuk pemberdayaan penyandang disabilitas agar mereka menjadi masyarakat yang produktif.

Terpisah, Plt. Sekretariat DPRD Banyuwangi, Ervin Agustina menyarankan kepada pemerintah daerah untuk mempersiapkan anggaran pembangunan, serta pengadaan sarana prasaran ramah difabel di gedung DPRD .

“Sesuai arahan Ketua DPRD, fasilitas dan sarana prasarana ramah difabel kita siapkan di tahun 2022,” ujar ucap Tina sapaan akrab Ervin Agustina.

Ia menjelaskan, di lingkungan DPRD terdapat sejumlah bangunan atau ruang yang dasarnya cukup tinggi dari tanah, sehingga dibutuhkan pembangunan jalan guna memudahkan akses para penyandang cacat.

Selain pembangunan akses jalan, Sekretariat DPRD juga akan menyediakan kursi roda maupun tongkat, agar bisa dimanfaatkan oleh para penyandang disabilitas ketika berkunjung ke gedung wakil rakyat.(nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here