Pemkab Jember Gelar Upacara Hari Santri Nasional Secara Luring dan Daring

0
340
Bupati Jember peringati hari santri
Foto : Bupati Jember H Hendy dan perwakilan Pondok Pesantren dalam.Peringatan Hari Santri Nasional.

JEMBER, Pemerintah Kabupaten Jember melaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN), bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan diikuti perwakilan pondok pesantren (ponpes) Kabupaten Jember secara Luring maupun Daring. Acara itu bertempat di Aula Carya Dharma Praja Mukti Kantor Pemkab Jember, Jum’at (22/10/2021).

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, para santri seluruh Indonesia mendapat kado dari presiden Joko Widodo di keluarkannya perpres tentang kepedulian langsung bahwa memakai anggaran APBD untuk membantu pesantren.

“Pemkab Jember akan membantu dari segi sarana dan prasarana seperti kamar mandi, perbaikan jalan dan bagian koperasi,”ucap Bupati Hendy.

Di Jember kabupaten, jumlah  santri dengan 1000 pesantren lebih nantinya kita akan lakukan secara bertahap. Karena jumlahnya banyak pesantren kecil maupun pesantren besar.

“Tentunya dengan keterbatasan anggaran akan bertahab kebijakan sudah ada membantu pesantren dapat dilaksanakan tahun 2022,” katanya.

Lebih lanjut Bupati akan memberdayakan santri diikutsertakan dalam berbagai pelatihan kerja dan koperasi.

Foto : Bupati Jember H Hendy dan perwakilan Pondok Pesantren dalam.Peringatan Hari Santri Nasional.

“Sehingga harapan Bupati Jember, nanti santri begitu sudah keluar dari pesantren tugas mereka menyebarkan ilmu agama yang di miliki.

Mereka juga butuh hidup, agar mereka juga bekerja seperti yang lain dan berwirausaha,” terangnya.

Hari Santri tahun ini sangatlah berbeda. Karena baru tahun ini ada Peraturan Presiden (Perpers) untuk membantu langsung pesantren, baik dari sumber APBN dan APBD.

“Ini wajib disyukuri, tentunya ini menjadi kesempatan bagi para santri, bahwa pesantren sama dengan tempat pendidikan yang lain,” tuturnya.

Bupati Peringati Hari Santri di Kencong

Bupati Jember Hendy siswanto dan Jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ) menggelar Upacara Hari Santri Nasional 2021, juga dilakukan di Kecamatan Kencong. Sementara itu, jajaran Pengurus Cabang NU menggelarnya Kantor PWNU di Jl Imam Bonjol, Kaliwates.

Peringatan Hari Santri di Kecamatan Kencong, dihadiri Bupati Ir Hendy Siswanto secara terbatas, di ikuti oleh camat se kabupaten Jember, Jumat (22/11) tadi pagi.

Upacara hari Santri di Aula Kecamatan Kencong, di ikuti oleh para alim ulama berbagai pondok pesantren (Ponpes) di wilayah Kencong dan sekitarnya secara daring dan luring.

Dalam sambutannya Bupati Hendy mengatakan bahwa Pemkab Jember akan membantu pondok pesantren (Ponpes) baik dari segi sarana maupun prasarana.

“Untuk bantuan ponpes, nantinya kami akan lakukan secara bertahap, karena jumlahnya banyak, sekitar 1000 ponpes. Namun aturannya sudah ada,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Hendy, di tahun 2022 santri juga akan diikut sertakan dalam berbagai pelatihan kerja. Sehingga setelah lulus dari pesantren, bisa menyebarkan ilmu yang dimilikinya.

Dia menambahkan, Hari Santri tahun ini sangatlah berbeda. Karena baru tahun ini ada Peraturan Presiden (Perpers) Joko Widodo untuk membantu pesantren, baik dari sumber APBN dan APBD.

Sementara itu, peringatan Hari Santri oleh jajaran NU Jember, berlangsung di Kantor PCNU, Jalan Imam Bonjol tidak seperti di Kencong, upacara Hari Santri PCNU tersebut belangsung terbuka, dihadiri sekitar 200 peserta. Di antaranya perwakilan GP Ansor, Fatayat, pimpinanan dan mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ) Muslimat, dan udangan lain.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab), ketua PCNU Jember. Dalam sambutannta, Gus Aab meminta agar peringatan Hari Santri Nasional ini bukan hanya dilakukan secara seremonial. Lebih dari itu, kata Gus Aab, harus diwujudkan dalam bentuk karya nyata. Yakni, seperti peningkatan kualitas santri dan pondok pesantren, santunan anak yatim dan fakir miskin, dan lain-lain. Di akhir upacara, sejumlah lembaga otonomi PCNU Jember, menyerahkan bebagai bantuan santunan sosial. (lilik s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here