Peroleh 237 Suara, Lutfil Hakim Pimpin PWI Jatim Periode 2021-2026

0
38
Lutfil Hakim (kemeja putih) bersama Ainur Rahim, mantan Ketua PWI Jatim periode 2016-2021 usai penghitungan suara.(foto: zainul)

SURABAYA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur menggelar konferensi XV, yang digelar di Hotel Mercure, Surabaya, Rabu (17/11).

Konferensi ini akan memilih ketua PWI Jatim periode 2021-2026.

Dalam penghitungan suara, Lutfil Hakim peroleh 237 suara jauh dari pesaingnya Ainur Rohim, incumbent yang hanya mengantongi 116 suara.

Akhirnya Lutfil Hakim pemimpin PWI Jatim periode 2021-2026.

Sebelumnya, dalam pemilihan tersebut ada tiga calon ketua, yaitu, Ainur Rahim dan Lutfil Hakim dan Eko Pamuji.

Di tengah perjalanan, Eko Pamuji mengundurkan diri saat menyampaikan visi – misi.

Berdasarkan hasil suara terbanyak, akhirnya Lutfil Hakim berhak memimpin Ketua PWI Jatim periode 2021-2026.

Dalam konferensi PWI Jatim tersebut, di hadiri oleh Ketua PWI Pusat, Atal S Depari.

Ketua Panita Konferensi PWI Jatim, Machmud Suhermono mengatakan, Konferensi ini sesuai PD/PRT PWI, yang mana anggota biasa berhak mengemukakan pendapat dan mengajukan usul atau saran, serta berhak memilih dan dipilih menjadi ketua atau pengurus sepanjang memenuhi persyaratan.

“Sedangkan untuk anggota muda, hanya berhak mengemukakan pendapat dan mangajukan usul atau saran,” ucapnya.

Machmud menjelaskan, dalam konferensi ini dinyatakan sah, jika dihadiri sekurang-kurangnya dua pertiga dari jumlah anggota biasa.

“Konferensi ini sah jika dihadiri 2/3 anggota berstatus anggota biasa yang saat ini mencapai 392 anggota,” jelasnya.

Sedangkan, lanjut Machmud, jika anggota biasa yang hadir kurang dari 2/3, maka konferensi harus diulang selambat-lambatnya dalam waktu 1 bulan atau menyesuaikan dengan kebijakan atas persetujuan yang ditetapkan dalam konferensi.

“Anggota biasa yang tidak hadir bisa memberikan mandat tertertulis pada anggota biasa yang lain dengan ketentuan anggota biasa yang hadir, hanya boleh bertindak sebagai mandataris dari anggota biasa yang tidak hadir paling banyak 2 orang dan surat mandat harus bermaterai,” terangnya.

Machmud menerangkan, dalam konferensi yang diikuti oleh 392 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari seluruh PWI kota maupun kabupaten di Jawa Timur ini juga untuk menilai dan mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus 2016-2021, memilih dan menetapkan Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jawa Timur untuk periode 2021-2026.

“Konferensi ini juga untuk menetapkan program kerja lima tahun kedepan dan tim Formatur yang diketuai oleh Ketua PWI terpilih,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here