Antisipasi Banjir, Bupati Hendy Tinjau Bendungan

0
29
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama OPD dinas terkait meninjau bendungan irigasi di Desa Kamal Kecamatan Arjasa. (foto: hms)

JEMBER – Curah hujan yang cukup tinggi yang berdampak pada banjir membuat
Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto meninjau rehabilitasi bendungan irigasi persawahan di Dusun Duplang, Desa Kamal Kec. Arjasa dan Kelurahan Jumerto, Kecamatan Patrang, Selasa pagi (16/11/2021).

Bendungan irigasi persawahan Dusun Duplang, Desa Kamal berada di daerah terpencil, kurang lebih 1 kilometer dari Situs Duplang yang merupakan situs kepurbakalaan di Jember.

Akses jalan yang ditempuh cukup sulit dan sempit menuju bendungan membuat Bupati Hendy dan rombongan harus mengendarai sepeda motor.

Dalam kegiatannya meninjau bendungan Bupati Hendy didampingi tim Bappeda, Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember serta Tim Pengawas dari IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program) Kementerian PUPR Republik Indonesia.

“Ini merupakan proyek kami, rehabilitasi bendungan ini (Duplang) merupakan satu dari 9 bendungan yang diperbaiki, dan bendungan Duplang ini mengairi persawahan seluas 222 hektar,” ungkap Bupati Hendy.

Menurut Hendy Rehabilitasi bendungan tersebut sudah selesai dikerjakan, selanjutnya menunggu 6 bulan masa pemeliharaan.

Bendungan irigasi Duplang ini dibangun pada 1993 silam dan baru sekarang diperbaiki.

Daerah Irigasi Duplang merupakan proyek IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program ) yang bertujuan merealisasi potensi pengurangan kemiskinan melalui pertanian beririgasi.

Selanjutnya Pemerintah kabupaten Jember akan merehabilitasi 9 bendungan mengairi total 2500 hektar persawahan.

Hendy berharap melalui program dapat mempercepat pembangunan di sektor pertanian yang selama ini merupakan sektor prioritas.(lilik/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here